Hukum Ekonomi Syariah

Tidak ada manusia di dunia ini yang hidup tanpa membutuhkan ekonomi. Untuk itu, selain Allah memberikan rezeki kepada manusia, Allah pun mengaturkan sistem rezeki dan ekonomi tersebut dapat diaplikasikan dengan baik di masyarakat. Berikut adalah mengenai ekonomi syariah dalam islam yang terdapat dalam Al-Quran.

Banyak yang tidak mengenal ekonomi syariah dan hanya mengetahui ekonomi dari istilah saja. Sebagai umat muslim tentunya wajib untuk menjalankan ekonomi syariah, karena ekonomi syariah adalah bagian dari ajaran islam dan aturan Allah yang harus ditegakkan.

Kewajiban Mengamalkan Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah adalah hukum ekonomi yang wajib dijalankan oleh setiap muslim. Ekonomi syariah bukan hanya berlabel islami atau bernama dengan istilah syariah saja. Terlebih Ekonomi Syariah adalah yang sesuai dengan prinsip-prinsip dasar ekonomi islam.

Pembahasan ekonomi syariah bersumber dari Al-Quran, karena Al-Quran adalah sumber utama dari penegakkan ajaran islam. Ekonomi islam senantiasa melihat dari berbagai aspek yaitu aspek individu, sosial, dan hubungannya dengan penegakkan islam di muka bumi. Tidak lupa juga masalah ekonomi pun senantiasa berhubungan dengan Rukun IslamDasar Hukum Islam, Fungsi Iman Kepada Allah SWT, Sumber Syariat Islam, dan Rukun Iman.

Dalam kehidupan manusia, ekonomi adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Manusia dalam hidupnya membutuhkan modal untuk bisa memenuhi kebutuhan makan, minum, tempat tinggal, berpakaian, dan sebagainya. Ekonomi juga sangat mempengaruhi manusia dalam mencapai Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam sesuai dengan fungsi agama Dunia Menurut IslamSukses Menurut IslamSukses Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam ketika di dunia.

Dalam hal ini, islam sebagai agama yang Rahmatan Lil Alamin juga ikut mengatur masalah mendasar manusia dalam hal ekonomi tersebut. Untuk itu istilah ekonomi syariah muncul. Sejatinya hukum ekonomi islam syariah adalah ekonomi yang seimbang dan menegakkan keadilan. Tanpa istilah syariah pun hakikatnya hukum ekonomi islam adalah ekonomi yang adil dan seimbang.

Prinsip Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah tentunya adalah suatu yang wajib untuk dilaksanakan bagi seluruh umat islam di dunia. Hubungan ekonomi syariah tentunya berkaitan erat dengan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Untuk itu, berikut adalah hal-hal yang menjadi dasar atau prinsip hukum ekonomi syariah dalam Al-Quran.

  1. Transaksi Ekonomi yang Berbasis Sosial dan Spiritual

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (QS An-Nuur : 56)

Ekonomi syariah selalu menengakkan transaksinya berdasarkan spirit spiritual dan sosial masyarakat. Masalah ini berkaitan dengan aturan zakat dalam islam. Orang-orang yang memiliki harta lebih harus memberikan sebagian hartanya untuk dapat diberikan kepada fakir miskin.

Aturan ini tidak terlepas dari aturan shalat. Untuk itu masalah ekonomi pun berhubungan sekali dengan masalah spiritual. Artinya dalam spirit ekonomi syariah, masalah muammalah atau hubungan dengan sesama manusia tidak pernah bisa lepas dari masalah hubungan dengan ketuhanan.

 

Dummy Content