Kuliah Jurusan Ekonomi Syariah, Mau Jadi Apa??

Kuliah Jurusan Ekonomi Syariah, Mau Jadi Apa??

Jurusan Ekonomi Syariah sering juga disebut Jurusan Ekonomi Islam di beberapa perguruan tinggi. Secara umum, di jurusan ini kamu akan mempelajari subjek-subjek yang kurang lebih sama seperti Jurusan Ekonomi pada umumnya, misalnya pengelolaan sumber daya, kajian prinsip-prinsip ekonomi baik makro maupun mikro, perdagangan internasional, dan lain-lain. Yang membedakan antara Jurusan Ekonomi dan Jurusan Ekonomi Syariah adalah, di Jurusan Ekonomi Syariah, kamu akan mengkaji prinsip-prinsip ekonomi tersebut sesuai dengan prinsip syariah Islam yakni berlandaskan Al-Qur’an, hadis, beserta kaidah-kaidah fiqih turunannya.

Prospek Kerja

Seorang lulusan Jurusan Ekonomi Syariah yang ingin mulai meniti karier profesional harusnya tidak perlu bingung karena pilihan karier di bidang ini cukup banyak dan spesifik. Mulai dari lembaga keuangan, layanan kemasyarakatan, hingga sistem bisnis yang bernuansa syariah (Islam) sudah cukup menjamur di Indonesia.

Sistem Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah di Indonesia sedang mengalami kenaikan tren. Banyak bermunculan lembaga keuangan yang berbasis Syariah. Mengingat Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Semakin banyak pula masyarakat yang sadar dan mulai beralih ke perbankan syariah untuk menghindari sistem riba dan berbagai aktivitas ekonomi yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Karena itu pengetahuan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah menjadi salah satu kebutuhan di masa sekarang ini.

 

Kamu bisa meniti karier di berbagai lembaga keuangan, misalnya:

  • Instansi pemerintah (Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Kementerian Keuangan)
  • Perbankan dan asuransi syariah (Bank Syariah, dan Takaful)
  • Lembaga keuangan internasional (Islamic Development Bank)
  • Lembaga keuangan syariah lainnya (Pasar Modal Syariah dan Pegadaian Syariah)
  • Lembaga pendidikan, penelitian, dan konsultan

Posisi yang bisa kamu isi di berbagai lembaga tersebut pun beragam. Mulai dari jadi akuntan, auditor, analis keuangan, ahli ekonomi, dosen atau pengajar, hingga penasihat keuangan pribadi. Banyak sekali ‘kan ?

 

Jadi, bagi kamu yang tertarik kuliah di jurusan ini tidak perlu ragu lagi, karena peluang masih sangat terbuka luas.

 

Kamu bisa daftar sekarang juga di STIS Al Wafa, yang menyediakan jurusan Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah.

Di STIS Al Wafa gak hanya belajar tentang Ekonomi saja loh, dengan Program Unggulannya, yaitu Tahfizh al Quran, Mahir Bahasa (Arab&Inggris), dan Excelent Character Building diharapkan akan membuat mahasiswanya berkarakter Islami dan moderat.

 

Sumber Referensi :
Rencanamu.id
campus.quipper.com
Ruangguru

 

Sumber Foto:
Freepik.com